Tembang Cinta dari Pesantren

Sinopsis: Apa jadinya kalau seorang santri bebal, miskin tidak berpendidikan, mencintai putri kiainya yang cerdas, pandai membaca kitab kuning serta anak kuliahan? Jaka yang mantan preman jalanan itu mencintai Nur, tipe santriwati kosmopolit dari Pondok Pesantren Sirna Galih. Pesantren geger. Ketenangan alam Cikajang dengan hampran kebun tehnya yang sangat luas, terkoyak.

Dibalik harapannya pada Nur, Jaka tetaplah Jaka yang sedang berusaha untuk mengubur masa lalunya di tengah-tengah kehidupan pesantren dengan akar tradisi kehidupan masyarakat Sunda yang sangat kuat itu. Jaka merasakan, untuk menjadi orang baik-baik itu ternyata tidak mudah. Ia dicekam konflik batin sangat kuat antara kehendak untuk terus belajar dengan kenyataan pedih karena Nur sangat menyepelekannya. Apalagi, Nur Latifah akan dijodohkan orang tuanya dengan Ceng Basri, putra seorang kiai besar dari Tarogong.

Mestikah Nur mencampakkan harapan Jaka yang sangat pandai merangkai kata-kata puitis serta menjadi setengah gila karena memikirkannya itu?

Nama Pengarang: Dodo Widarda

Saya beli buku di atas waktu lagi iseng mau beli buku apa ya? Sambil nunggu buka puasa saya jalan-jalan untuk mencari-cari baca’an sambil menunggu waktu buka puasa. Nah kebeli deh ini buku.

No comments:

Post a Comment