Penyakit yang Menyerang ALat Pencernaan Manusia

Pernakah kamu mengalami sakit? Pada umumnya, jika seseorang merasakan perutnya sakit, maka kemungkinan besar dia mengalami gangguan pada alat pencernaanya. Gangguan itu dapat menyerang lambung, usus halus, usus besar, ataupun anus.
Gangguan pada alat pencernaan sebagian besar berhubungan erat dengan makanan dan cara makan yang tidak sehat. Dia antarannya sebagai berikut.
1. Makanan dapat memicu gangguan alat pencernaan jika dinikmati secara berlebihan.Misalnya, makanan yang terlalu pedan dan terlalu asam dapat mengganggu kesehatan lambung dan usus. Makanan yang sulit di urai dapat menumpuk di bagian alat pencernaan tertentu, misalnya biji cabe dan biji jambu batu (jambu klutuk)
2. Pola makan yang tidak teratur dapa membuat alat pencernaan tidak bekerja baik. Misalnya sering terlambat makan. cara menghancurkan (mengunyah) makanan yang tidak sempurna di dalam mulut dapat memperberat kerja lambung.
3. Pengolahan makanan dan penggunaan alat makan yang tidak bersih dapat mengundang kuman penyakit masuk kedalam tubuh.


A. Diare
Diare di sebut juga mencret. Penyakit ini di golongkan penyakit ringan, tetapi dapat menjadi berbahaya jika tidak pendapt perawatan yang benar.
Diare terjadi jika penderita mengalami buang air besar yang encer dan terjadi lebih dari empat kali sehari. Penyakit ini mudah menyerang anak-anak, terutama yang kekurangan gizi.

banyak hal yang mengakibatkan diare, antara lain mutu dan kebersihan makanan yang buruk, alergi terhadap makanan, dan terlalu banyak makan makanan yang asam dan pedas. Penyakit lain juga dapat mengakibatkan mencret misalnya malaria, campak, cacingan, dan infeksi usus.



B. Mag
Mag adalah penyakit yang mengganggu lambung usus 12 jari. Gejala yang timbul antara lain sebagai berikut.
1. Perut terasa perih dan mulas sjika terlambat makan.
2. Saat makan pun perut terasa sakit, kadang terasa mual bahkan muntah.

Penyakit ini timbul karena adanya produksi asam klorida yang berlebihan di lambung. Sakit mag sering disebabkan oleh rasa lelah akibat kerja dan rasa tegang yang berlebihan. Penderita harus segera berobat kedokter agar tidak menjadi parah.

C. Tifus
Tifus adalah suatu penyakit peradangan pada usus. Penyakit ini dapat menular cepat. Tifus juga dapat timbul akibat kebersihan makanan dan minuman tidak terjaga dengan benar. Gejala yang dialami penderita tifus antara lain
1. Tubuh menggil, lemah, dan disertai mual
2. Akibat demam tinngi, penderita dapat mengigau
3. Punggung terasa sakit, kadang disertai mencret atau sembelit (sulit buang air besar).
4. Penderita perlu mendapat perawatan di rumah sakit. Makanan yang diberikan biasanya dalam bentuk bubur.

Article Source : http://rahmancairo.blogspot.com

3 comments:

  1. Hey, I think your website might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Firefox, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it
    has some overlapping. I just wanted to give you a quick
    heads up! Other then that, terrific blog!
    my web page: usa casinos online

    ReplyDelete
  2. Penyakit pencernaan yang paling sering terjadi itu Maag sama Tifus.
    Sekedar berbagi info, yang ingin pencernaannya tetap lancar silahkan kunjungi website kami juga ya - Susu Kambing bagi kesehatan Pencernaan. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete