Tips Sukses dalam Hidup

Mau sukses dalam hidup? Belajarlah disekolah Kehidupan.

Seorang yang sangat bijak pernah menulis, bahwa semakin banyak yang kita pelajari , semakin kita sadar betapa sedikit yang kita ketahui.

Begitu banyak pelajaran penting yang bisa kamu kuasai di sejkolah kehidupan semakin banyak yang kamu pelajari dan praktekkan , maka semakin kaya hidupmu.

1. Belajarlah tentang diri sendiri. Ini adalah pelajaran dasar yang sangat menentukan kualitas hidup dan masa depanmu. Kenalilah dirimu sebaik mungkin, termasuk kelebihan dan kekuranganmu. Jangan sampai kamu bermimpi jadi penyanyi kalau kamu punya potensi menjadi atlet profesional. Sayang sekali kamu kuliah dijurusan teknik kalau kamu punya bakat dibidang jurnalistik, dsb.

2. Belajarlah menjadi diri sendiri. Berbekal pengetahuan tentang diri sendiri , kembangkanlah potensimu dan tampilkan jati dirimu. Tidak perlu bersusah payah menjadi seperti ornag lain yang kamu kagumi dan tidak perlu minder melihat orang lain yang lebih hebat. Manfaatkanlah semua potensimu untuk meraih apa yang kamu inginkan dalam hidup dan untuk membantu orang lain.

3. Belajarlah mengendalikan diri. Ini adalah mata pelajaran penting yang tidak boleh disepelekan. Pengendalian diri memungkinkan kamu tetap bersikap tenang menghadapi situasi dan kondisi sesulit apapun . Kemampuan ini akan membuat kamu lebih percaya diri.

4. Belajarlah dari pengalaman orang lain. Meskipun pengalaman pribadi adalah guru yang baik, namun orang bijak belajar juga dari pengalaman orang lain. Pelajarilah bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan , bagaiman mereka bisa memaafkan orang yang mengkhianati mereka, bagaimana mereka mendisiplinkan diri dsb.

5. Belajarlah dari kegagalan. Dari pada larut dalam kesedihan dan frustasi berkepanjangan, lebih baik renungkanlahpelajaran apa yang bisa kamu petik dari kegagalan dan kesalahan yang kamu lakukan. Yakinlah bahwa dibalik kegagalan ada hikamh untuk kebaikan diri dimasa datang.

6. Belajar hidup bermasyarakat. Belajarlah menghargai keyakinan orang lain, baik itu prinsip, agama , ideologi dsb. Belajarlah menyelesaikan konflik tanpa ada pihak yang merasa dikalahkan. Belajarlah untuk bekerjasama dalam segala bentuk kehidupan , belajarlah untuk memotivasi orang lain dsb.

No comments:

Post a Comment