LOMBA KARTUN NASIONAL TAHUN 2009

TEMA: PEREMPUAN INDONESIA MASA KINI
Menyambut "International Women’s Day" 8 Maret 2009 dan Hari Kartini 21 April 2009, Museum Kartun Indonesia Bali mengadakan Lomba Kartun Nasional dengan tema: "Perempuan Indonesia Masa Kini". Dengan tema ini kami mengundang para masyarakat Indonesia untuk menciptakan ide-ide visual kartunal yang diharapkan dapat memberi inspirasi tentang [...]

Deadline: 1 April 2009

LOMBA KARTUN NASIONAL
TEMA: PEREMPUAN INDONESIA MASA KINI

Menyambut "International Women’s Day" 8 Maret 2009 dan Hari Kartini 21 April 2009, Museum Kartun Indonesia Bali mengadakan Lomba Kartun Nasional dengan tema: "Perempuan Indonesia Masa Kini". Dengan tema ini kami mengundang para masyarakat Indonesia untuk menciptakan ide-ide visual kartunal yang diharapkan dapat memberi inspirasi tentang eksistensi perempuan Indonesia saat ini.

Latar Pemikiran
Melalui perjuangan panjang para pendahulu untuk memperjuangkan kesetaraan gender, para Srikandi Indonesia seperti RA Kartini, R. Dewi Sartika, Martha Tiahahu, Cut Nyak Dien, SK Trimurti, dll, perempuan Indonesia mencapai kemajuan-kemajuan pesat sebagai warganegara, setara dengan kaum lelaki. Tidak lagi terkungkung dengan segala tabu dan aturan-aturan yang sebenarnya malah memenjarakan mereka dalam keterbelakangan. Keterbukaan dan kebebasan membuka perspektif baru terhadap kiprah dan perilaku perempuan Indonesia masa kini. Peserta lomba diharapkan dapat membuat tanggapan terhadap situasi di atas melalui humor kartun yang khas.

Syarat-syarat:
Peserta: umum, laki-laki/perempuan
Digambar di atas kertas kartun ukuran A3 (29.7×42 cm), hitam putih/berwarna
Ide merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan, tidak menjiplak ide karya orang lain
Judul gambar, nama, alamat, dan identitas kartunis (fotocopy KTP) ditempel di belakang karya
Pengiriman: tidak boleh DIGULUNG/DILIPAT dan TIDAK DIBERI BINGKAI pada sampul luar ditulis: LOMBA KARTUN PEREMPUAN, ditujukan kepada:
Panitia Lomba Kartun Perempuan Masa Kini
d/a. Museum Kartun Indonesia Bali
Jl. Sunset Road no. 85 Kuta, Bali 80361
Paling lambat diterima panitia, 1 April 2009
Tidak diadakan komunikasi apapun dengan Panitia
Karya yang masuk akan menjadi milik/dokumentasi Panitia
Hadiah uang tunai dan piagam penghargaan akan diberikan kepada para pemenang Kategori Juara I, II, III, serta piagam penghargaan untuk juara Harapan I, II, III
Dewan Juri terdiri dari para kartunis senior, dan intelektual
Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat
Karya para Pemenang dan Nominee akan dipamerkan pada HUT 1 Museum Kartun Indonesia Bali, 13 Maret s/d 22 April 2009 di alamat tersebut di atas.

Juara I: Rp 5.000.000
Juara II: Rp 3.000.000
Juara III: Rp 1.500.000

Kuta, 5 Februari 2009
Panitia Lomba Kartun Nasional
Museum Kartun Indonesia Bali

Info selengkapnya: Desain Grafis Indonesia

Kontribusi dari M. Solekhudin

sumber : http://infolomba.blogsome.com

No comments:

Post a Comment