Mengelola Bisnis Secara Efektif

Salah satu aspek dalam kehidupan bekerja adalah anda tiba-tiba ditunjuk untuk mengerjakan sebuah proyek. Pada kenyataannya, jika anda membangun bisnis anda sendiri, anda akan memiliki proyek jangka panjang yang penting untuk pengembangan profit.

Untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan bisnis, maka perlu memiliki sistem yang efisien yang digunakan dalam proyek tersebut. Kebanyakan akan memiliki deadline penyelesaian di masa depan. Tapi ini adalah bagaimana anda berhadapan dengan deadline yang akan menentukan seberapa efisien anda dalam mengelola bisnis.

Hal sederhana yang dilakukan adalah menjadwalkan proyek dalam agenda beberapa hari sebelum tanggal penyelesaian, bahkan beberapa minggu sebelumnya. Ini sebuah kesalahan besar!

Untuk mengendalikan waktu anda secara efektif, anda harus memiliki kebiasaan menggunakan list untuk merencanakan hari kerja anda. Di masing-masing hari anda harus memiliki list tugas harian yang harus dikerjakan. Hal baru yang muncul pada hari tersebut dimasukkan ke dalam list hari berikutnya. Hanya hal yang sangat mendesak yang tidak dapat menunggu keesokan harinya yang harus ditambahkan dalam list di hari yang sama.

Setelah anda diberi projek yang harus dilakukan, anda harus menentukan item yang harus dilakukan keesokan harinya. Item tersebut dapat ditulis dalam bentuk cheklist. Anda harus melakukannya atau jika tidak, karena mendekati deadline anda harus menunda tugas penting lainnya untuk menyelesaikan proyek tersebut. Sehingga semua kebiasaan baik yang telah anda gunakan dalam daftar mengatur waktu anda akan sia-sia.

Jadi, keesokan harinya tugas yang harus dilakukan adalah menulis checklist proyek. Yang berisi tanggal penyelesaian masing-masing bagian proyek. Perencanaan harus diselesaikan sebelum deadline sehingga anda dapat mengalokasikan waktu jika ada revisi yang harus dilakukan.

Buat proyek kedalam bagian-bagian kecil dan tentukan tanggal pelaksanaan untuk masing-masing pekerjaan. Masing-masing harus anda masukkan dalam diary sehari sebelumnya sehingga anda dapat memasukkan tugas-tugas hari berikutnya.

Dengan demikian anda akan tetap efektif dalam mengendalikan waktu dan sistem manajemen yang efisien. Anda juga harus memastikan untuk memasukkan tanggal pengecekan regular atas kemajuan dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

Dengan demikian anda akan mengendalikan kerangka waktu proyek. Bekerja dengan cara ini dan seluruh proyek akan terselesaikan dengan efisien. Anda akan tetap mengendalikan semua pekerjaan yang harus anda kerjakan dan memastikan bisnis tetap pada jalur untuk menghasilkan profit yang diharapkan.

Oleh: Tony Hall
Sumber: http://www.leadershiparticles.net
Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)

article source : www.pengusahamuslim.com

Tutorial Bisnis Bagi Pemula KLIK DI SINI

No comments:

Post a Comment